KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE
Berita
19 May 2022

KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

KSP Season 13 Episode 5 : HEROES ARE NOT BORN BUT MADE

Penulis: Ani W.

Fotografer: Ani W.

 

“Pemuda adalah sebuah tiang peradaban ke depan..” adalah sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Bapak Sigit Firdaus Prayogi, S.T., M.Ds., salah satu dosen program studi Desain Produk ISTTS pada webinar Knowledge Sharing Program (KSP) yang berjudul “Heroes are not Born but Made”. Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei tersebut berlangsung secara online melalui platform Zoom dan live streaming youtube.

Di awal seminar pak Sigit menjelaskan tentang peran penting pemuda dan pahlawan. Menurut beliau, pahlawan dan pemuda memiliki korelasi yang sangat kuat. Pak Sigit menjelaskan bahwa pemuda dipilih karena memiliki keyakinan akan masa depannya, selain itu pemuda juga dinilai memiliki kekuatan fisik dan mental yang kuat. 

Namun, bagaimana dengan realitanya?

Di era saat ini menjadi “pahlawan” ternyata menjadi sesuatu hal yang mahal, ini bisa dilihat dari banyaknya anak muda yang menjadi acuh tak acuh terhadap satu sama lain. Selain itu, banyak pemuda sekarang memiliki mental yang lemah apabila menghadapi masalah yang sepele. Pak Sigit menyampaikan ini bisa menjadi krisis nilai kepahlawanan karena sangat berpengaruh dengan masa depan bangsa. Dari sini beliau merangkum intisari pahlawan kedalam beberapa poin yaitu inspirasi, perjuangan, rela berkorban, keteladanan, harga diri, ketulusan, kekuatan dan kegigihan.

Pahlawan tidak dilahirkan melainkan dibentuk dari keinginan diri sendiri. Namun sebelum menjadi pahlawan kita perlu merefleksi diri kita sendiri terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Pak Sigit memberikan beberapa poin penting untuk menjadi ‘pahlawan’. Yang pertama yaitu pemuda harus selesai dengan dirinya sendiri, artinya sudah ada kematangan mental dalam dirinya. Salah satu bentuk kematangan mental yaitu memiliki kontrol emosi yang baik serta sudah tidak memikirkan kepentingan diri sendiri saja. Poin yang kedua yaitu pemuda yang berkontributif, pemuda yang mempunyai empati dan siap untuk membantu menyelesaikan permasalahan orang lain. Hal ini bisa dimulai dari orang-orang terdekat terlebih dahulu, salah satu contohnya yaitu kontribusi apa yang akan mahasiswa berikan setelah lulus kuliah. Yang ketiga yaitu pemuda yang tahu arah. Pak Sigit menjelaskan maksud dari pemuda yang tahu arah ini adalah mereka yang memiliki tujuan hidup yang jelas.

Penjelasan kemudian dilanjutkan pada sejarah pemuda dan peradaban. Pak Sigit membagi 3 era, yaitu era Industri (1760-1850), era marketing (1950-2000) dan era desain (2000-sekarang). Pak Sigit menerangkan tentang betapa pesatnya teknologi dan perkembangan desain di era saat ini. Era desain saat ini sangat menuntut para pemuda untuk mengembangkan kreatifitas dan ide karena konsumen kini sudah pintar memilih produk, tidak hanya melihat berdasarkan fungsionalnya melainkan juga bentuk desainnya. Salah satu perkembangan teknologi yang mulai melebarkan sayapnya di berbagai sektor adalah 3D Printing. Pak Sigit menampilkan sekilas video mengenai riset dari sebuah laboratorium yang mencoba memproduksi salah satu bagian tubuh melalui 3D Printing. 3D printing saat ini sudah mulai menyentuh dunia medis di mana organ tubuh dapat diproduksi dan ditransplantasikan pada tubuh manusia.

Seminar kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dan mengisi link absensi.

Mengubah Hiburan Jadi Cuan: Rahasia Sukses Menghasilkan Uang di TikTok

Mengubah Hiburan Jadi Cuan: Rahasia Sukses Menghasilkan Uang di TikTok

Sabtu, 30 November 2024, Saturday Sharing Session (SSS) kembali menggelar diskusi inspiratif bertajuk "Cara Menghasilkan Uang dari TikTok." Sesi ini menghadirkan Pak Kelvin, S.T., M.M., seorang ahli digital marketing, di ruang N-201. TikTok, platform media sosial yang kini digandrungi berbagai kalangan, terutama anak muda, menjadi topik hangat. Pak Kelvin menjelaskan bahwa TikTok menawarkan potensi besar bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kreativitas sekaligus menghasilkan uang.

Baca Selengkapnya
Hak Cipta dalam Era AI-Generated Art

Hak Cipta dalam Era AI-Generated Art

Kemajuan teknologi terus menciptakan inovasi yang mengubah cara manusia berkarya. Salah satunya yang akhir-akhir ini sedang menjadi sorotan adalah AI-generated art. AI-generated art adalah gambar yang dihasilkan oleh program kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence), yang dilatih menggunakan ribuan hingga jutaan data visual. Melalui proses itu, AI dapat memahami pola, sehingga dapat menghasilkan karya yang seolah-olah diciptakan manusia, namun sebenarnya merupakan hasil interpretasi algoritma yang dilatih.

Baca Selengkapnya
Stres Mahasiswa: Pengaruhnya terhadap Perkuliahan dan Cara Menemukan Keseimbangan

Stres Mahasiswa: Pengaruhnya terhadap Perkuliahan dan Cara Menemukan Keseimbangan

Stres merupakan fenomena yang tak terhindarkan dalam kehidupan mahasiswa. Di tengah tuntutan akademik yang tinggi, kegiatan organisasi, serta tantangan sosial, tingkat stres mahasiswa sering kali mempengaruhi performa perkuliahan mereka. Terutama di ISTTS, stress berlebih dapat memengaruhi konsentrasi belajar, motivasi, hingga hasil akhir akademik. Penelitian terbaru menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara stress yang dialami mahasiswa dengan penurunan kualitas akademik mereka.

Baca Selengkapnya
Perjuangan dan Harapan di Balik Tugas Akhir Novel Grafis Dewi Sartika: Menghidupkan Sejarah Melalui Seni Kreatif

Perjuangan dan Harapan di Balik Tugas Akhir Novel Grafis Dewi Sartika: Menghidupkan Sejarah Melalui Seni Kreatif

Tugas Akhir menjadi momen puncak yang penuh tantangan dan kreativitas bagi setiap mahasiswa. Dalam proses ini, ide-ide segar dan konsep yang mendalam sering kali menjadi landasan untuk menghasilkan karya yang bermakna. Salah satu tema yang menarik untuk diangkat adalah perjalanan inspiratif Dewi Sartika, tokoh perempuan Indonesia yang dikenal sebagai pelopor pendidikan bagi kaum perempuan. Melalui media webtoon, kisah Dewi Sartika dapat dihidupkan kembali dengan pendekatan visual yang dinamis dan narasi yang mampu menyentuh hati pembaca muda.

Baca Selengkapnya
UKM Board Game dan Biliard ISTTS Bangkit, Hadirkan Keseruan dan Antusiasme Baru!

UKM Board Game dan Biliard ISTTS Bangkit, Hadirkan Keseruan dan Antusiasme Baru!

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Board Game di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) yang sempat vakum beberapa semester, kini kembali aktif di semester gasal 2024. Bangkitnya UKM ini menjadi angin segar bagi para mahasiswa yang ingin menyalurkan minat dan bakat mereka dalam bermain board game. Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini berhasil menarik 90 peserta aktif, angka yang jauh melebihi ekspektasi sebelumnya. 

Baca Selengkapnya
Investasi Kesehatan itu Penting Ngga Sih?

Investasi Kesehatan itu Penting Ngga Sih?

Pada tanggal 23 November 2024, Institut STTS mengadakan SSS (Saturday Sharing Session) dengan judul “Invest Your Health For Your Future” bersama Dr. Ir. Hartanto Junaedi S.Kom, M.Kom, IPM., ASEAN Eng. Tujuan diadakan SSS (Saturday Sharing Session) ini agar kita para mahasiswa bisa kembali ingat betapa pentingnya investasi kesehatan yang bisa berdampak ke masa depan kita.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon