Berwirausaha dengan Gembira: Flavor Fest ISTTS Hadirkan Kemeriahan dan Kreativitas Mahasiswa
Berita
23 May 2024

Berwirausaha dengan Gembira: Flavor Fest ISTTS Hadirkan Kemeriahan dan Kreativitas Mahasiswa

Jurusan Desain Komunikasi Visual ISTTS kembali memeriahkan kampus dengan acara Flavor yang diselenggarakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2024. Acara ini merupakan kolaborasi antara jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Teknik Elektro. Setiap tahunnya, acara ini menjadi ajang unjuk kreativitas dan keterampilan para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada semester 6. Melalui acara ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dalam bentuk nyata, yakni bazar yang menjadi salah satu syarat kelulusan mata kuliah tersebut.

Untuk mata kuliah Kewirausahaan, khususnya di jurusan Desain Komunikasi Visual, diampu oleh Dr. Sufiana, M.Sn. Beliau adalah dosen yang sangat berpengalaman dan memiliki banyak inovasi dalam metode pengajaran kewirausahaan. Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Sufiana, yang memberikan semangat dan motivasi kepada para mahasiswa yang hadir. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya acara ini sebagai bagian dari proses belajar yang tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis. Setelah sambutan, masing-masing tenant bersiap untuk memulai kegiatan berjualan.

Terdapat sebanyak 12 tenant yang memeriahkan bazar kali ini, masing-masing dengan konsep dan produk yang unik serta menarik. Salah satu tenant yang menjadi pusat perhatian adalah "Risol Mantul". Tenant ini sangat sibuk sejak bazar dibuka, menerima banyak pesanan yang telah dipesan melalui Instagram mereka. Produk andalan mereka, risol dengan berbagai isian, menjadi favorit banyak pengunjung. Tidak kalah menarik, terdapat tenant yang menjual churros berbentuk hati yang dapat dibentuk sesuai nama pelanggan. Dengan harga yang terjangkau, hanya Rp10.000 untuk 3 pcs churros yang lezat, tenant ini juga menarik banyak pembeli.

Bagi para pengunjung yang vegetarian, tenant "Vreggies" menawarkan berbagai cemilan sehat dan lezat dengan harga yang sama, Rp10.000. Cemilan-cemilan ini tidak hanya enak tetapi juga dibuat dengan bahan-bahan organik, sehingga menarik perhatian banyak pengunjung yang peduli dengan gaya hidup sehat. Antusiasme mahasiswa yang berkunjung sangat terasa. Lapangan ISTTS saat itu dipenuhi oleh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai jurusan yang ingin mencicipi berbagai makanan dan minuman yang ditawarkan di bazar.

Selain menikmati berbagai produk yang dijual, pengunjung juga bisa mengikuti berbagai permainan yang diadakan di tengah lapangan. Salah satu permainan yang cukup populer adalah game memasukkan bola ping pong ke dalam gelas. Permainan ini tampak sederhana namun cukup menantang, sehingga menarik banyak peserta. Hadiah yang ditawarkan juga menarik, yakni voucher senilai Rp10.000 yang dapat digunakan untuk berbelanja di bazar. Keriuhan dan semangat para peserta menambah semarak suasana acara.

Tak kalah menarik, di dalam auditorium diadakan pameran hasil karya mahasiswa DKV yang sangat memukau. Hasil yang dipajang mulai dari gantungan kunci, stiker, botol minum hingga nota dengan kreativitas mereka. Terlihat kerja keras dalam membuat dan ilmu dari para dosen terimplementasi dengan maksimal. Pameran ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan hasil karya mereka yang tidak hanya memiliki nilai estetika tinggi tetapi juga fungsional. Produk-produk ini menunjukkan betapa luasnya aplikasi ilmu desain yang mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat mengembangkan ide-ide kreatif menjadi produk nyata.

Selama dua hari penyelenggaraan acara Flavor, suasana kampus ISTTS benar-benar berbeda. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempraktikkan keterampilan kewirausahaan tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dari berbagai jurusan. Kolaborasi antara Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Teknik Elektro menunjukkan bahwa dengan bekerja sama, mahasiswa dapat menciptakan acara yang tidak hanya edukatif tetapi juga menyenangkan.

Dengan dukungan dari para dosen dan partisipasi aktif dari mahasiswa, acara ini berjalan dengan sukses. Acara Flavor ini bukan hanya sekedar bazar tetapi juga wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan mengasah keterampilan kewirausahaan mereka. Harapannya, pengalaman ini akan menjadi bekal berharga bagi mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, acara ini diharapkan dapat terus berlangsung di tahun-tahun mendatang dan menjadi tradisi yang dinantikan oleh seluruh sivitas akademika ISTTS.

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Pada tanggal 4 Mei 2024, Saturday Sharing Session Institut STTS menggelar workshop menarik yang membahas teknik menggambar langsung menggunakan pen tanpa penghapus, dengan tema "Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)". Acara ini dibawakan oleh Farah Fauziah, S.Hub.Int., M.A., Dosen program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains Institut STTS. Peserta workshop diajarkan tentang pentingnya arsiran shading yang teliti dan perlahan untuk menciptakan gambar yang realistik dan jelas.

Baca Selengkapnya
EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

Saturday Sharing Session (3S) Institut STTS kembali menghadirkan topik yang sangat relevan dengan keamanan siber di era digital saat ini. Pada Sabtu, 20 April 2024 diselenggarakan workshop dengan judul "Exploring Cyber Vulnerabilities: Dive into Google Dorking & SQL Injection" Oleh Jonathan Wilbert mahasiswa program S1 Informatika Fakultas Sains dan Tekologi Institut STTS.

Baca Selengkapnya
Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon