DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration
Berita
27 November 2021

DAYKAVE 3.0 : Communicate Through Illustration

Melihat kondisi industri kreatif yang terus berkembang, mahasiswa juga perlu untuk mengerti dan mengikuti perkembangan tersebut. Hal inilah yang mendorong HIMA DKV ISTTS mengadakan acara DAYKAVE 3.0 di tahun ini. DAYKAVE 3.0 sendiri merupakan suatu acara yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh HIMA DKV. DAYKAVE merupakan acara pameran karya mahasiswa ISTTS dari jurusan DKV dari mahasiswa semester 1, 3, 5, dan 7. Tetapi pada kali ini, acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai lomba dan seminar. Seminar yang bertemakan “Communicate Through Illustration” ini merupakan seminar pertama dari rangkaian acara DAYKAVE 3.0 lainnya. Seminar ini diadakan pada Rabu, 24 November 2021. Narasumber seminar ini merupakan seorang ilustrator buku anak, penulis sekaligus dosen DKV di ISTTS yang bernama Bu Naafi Nur Rohma,S.Sn., M.Sn 

Seminar diawali dengan perkenalan diri dari Ibu Naafi dan beliau menceritakan perjalanan karirnya. Bu Naafi merupakan seorang lulusan perfilman dimana akhirnya beliau lebih tertarik untuk memasuki dunia ilustrasi. Bu Naafi juga mengatakan bahwa “mengikuti komunitas merupakan hal yang baik karena akan menambah wawasan baru”. Beberapa komunitas yang diikuti oleh Bu Naafi yaitu Kelir, Illustrator Indonesia, Childrenillus Trator.ID, Children’s Book Illustrators. Setelah itu Bu Naafi menunjukan beberapa proyek yang pernah dikerjakan dan di-publish

Setelah sesi perkenalan, sesi materi pun dilanjutkan dengan sebuah pertanyaan, apa itu komunikasi lewat ilustrasi? Komunikasi sendiri merupakan pertukaran suatu informasi antara individual atau kelompok dengan adanya makna atau tujuan yang ingin disampaikan, bisa satu arah maupun dua arah. dua arah memiliki maksud bahwa akan ada feedback yang masuk, Iklan merupakan komunikasi dua arah secara tidak langsung. Komunikasi sendiri dibagi menjadi 3, yaitu verbal, non-verbal dan visual. Komunikasi visual menggunakan unsur rupa atau visual seperti melihat televisi, iklan dan social-media. Pada komunikasi visual terdapat turunan yaitu visual grafis yang merupakan lingkup statis (2d) berhubungan dengan percetakan atau grafika seperti iklan dan logo. Ilustrasi merupakan bagian dalam komunikasi visual grafis ini. Bu Naafi juga mengatakan bahwa “the act of drawing is an act of visual communication”. 

Seni Ilustrasi memiliki hubungan dengan suatu ide bisa berupa kata-kata atau ide saja dan harus ditampakkan secara visual supaya audiens paham dengan apa yang akan dikomunikasikan. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi lewat ilustrasi merupakan komunikasi ide atau tulisan atau kata-kata yang bentuknya verbal ke dalam bentuk grafis dari suatu objek secara artistic sehingga bisa menstimulasi rasa estetik dalam diri audiens. Untuk membuat ilustrasi, harus paham dengan apa yang akan dikomunikasikan sehingga bisa menyamakan persepsi antara author dengan audiens. Karakter utama harus memiliki perbedaan sendiri daripada karakter lainnya agar audiens dapat membedakan secara langsung. Kemudian agar apa yang ditujukan dapat tersampaikan, maka harus memberikan detail-detail yang dapat mendukung unsur-unsur pesannya, seperti karakter memiki karakter feminim maka pada kamar karakter tesebut diberikan background pastel ataupun boneka-boneka imut. 

Bu Naafi juga memberikan beberapa tips dan trik agar mempermudah jalan di dunia ilustrasi:  

  • Be your self
  • The style is define who you are 
  • Pahami komposisi dalam membuat ilustrasi yang baik agar artistik
  • Kuasai color theory 
  • Visual storytelling dalam ilustrasi yang dibuat 
  • Do your best 

Seminar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Seminar diakhiri dengan pengisian daftar hadir dan foto bersama. Apabila ada pertanyaan mengenai ilustrasi ataupun melihat hasil ilustrasi Bu Naafi maka dapat mencarinya di berbagai social media yang telah digunakan oleh Bu Naafi. Acara DAYKAVE 3.0 bagian pertama sudah berakhir, seminar ke dua akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021 dengan tema “Personal Branding in the Digital Era”. 

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Tingkatkan Kepercayaan Diri dengan Workshop Social Media Seru

Workshop Social Media Seru (SMS) yang digelar pada 5 April 2024 di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menjadi sorotan bagi siswa-siswi SMAK Santa Maria Surabaya dan pihak terkait. Acara ini diselenggarakan oleh ISTTS dengan pembicara Ardalina.L.C.G.,S.Ds., M.I.Kom., yang juga menjabat sebagai Kepala Tim Digital Marketing ISTTS, sebagai pembicara utama.

Baca Selengkapnya
Steering Wheel

Steering Wheel

Kevin, seorang alumni dari angkatan 19, telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan memimpin proyek pengembangan setir mobil bersama dengan teman-temannya. Kehadiran Kevin dalam komunitas alumni angkatan 19 telah menjadi sorotan karena dedikasinya yang luar biasa terhadap proyek ini. Sebagai seorang wisudawan terbaik, Kevin telah membuktikan bahwa prestasi akademisnya hanya sebagian kecil dari potensinya yang sebenarnya.

Baca Selengkapnya
Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah 2024 dengan Pembina UKK Katolik dan Ketua UKK Kristen

Paskah atau Easter adalah perayaan keagamaan bagi umat Kristen Protestan dan Katolik. Paskah merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus, dimana sebelumnya Ia wafat sebagai manusia lalu bangkit demi menebus dosa manusia.  Paskah menandakan kehidupan baru, dimana umat yang merayakan meninggalkan dosa-dosa mereka dan bertobat untuk mencapai kehidupan yang benar.

Baca Selengkapnya
Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Belajar Fotografi di Kebun Binatang Surabaya

Jurusan Desain Komunikasi Visual Angkatan 2023 Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan kunjungan ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024. Kunjungan ini diadakan sebagai praktik dari kelas Fotografi Aplikatif, yang diajar oleh Bapak Herman Budianto. Kegiatan yang dihadiri oleh 32 mahasiswa-mahasiswa ini memiliki tujuan untuk mempraktikkan materi fotografi yang telah dipelajari sebelumnya, seperti human interest, wildlife, dan landscape photography.

Baca Selengkapnya
Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Cybersecurity and How to Initiate An Anti Mainstream Overseas Career Journey

Seminar berjudul Cybersecurity and how initiate an anti mainstream overseas career journey diselenggarakan pada tanggal 27 Maret 2024 oleh ISTTS yang pembicaranya adalah Ferry Haris, S.Kom.,M.Sc.,. Ferry Haris ini sendiri dia adalah CEO dari FeHa International Consulting B.V. Seminar ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Teknik Informatika lalu ada juga beberapa dari SIB(Sistem Informasi Bisnis) dan terakhir ada juga dari DKV(Desain Komunikasi Visual). 

Baca Selengkapnya
Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Ujian Lebih Penting daripada Nyawa?!

Pada tanggal 22 Maret 2024, matahari bersinar cerah seperti biasanya. Nampaknya, hari itu akan berjalan dengan normal seperti tidak akan terjadi apa-apa. Namun siapa yang menyangka, tiba-tiba tepat pada pukul 11.22 WIB terjadi gempa pertama kali setelah sekian lama tidak terjadi gempa, yang mengguncang gedung-gedung di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon