Factory Visit
Berita
02 March 2024

Factory Visit

Kunjungan Pabrik antara jurusan elektro dengan jurusan industri ini diadakan hari kamis 22 februari 2024 oleh ISTTS. kunjungan pabrik ini dimulai dari jam 08.00 hingga sekitar 12.00 wib. kunjungan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan elektro dan jurusan industri dari angkatan 2020 hingga 2023 serta beberapa dosen industri dan elektro.

Jam 08.00 mahasiswa dan mahasiswi berkumpul di depan auditorium setelah itu 08.30 on the way dari kampus memakai kendaraan mini bus(hiace) yang dibagi menjadi dua yaitu elektro sendiri dan industri sendiri. setelah itu sekitar 08.55 baru sampai di pabrik orang tua group. 

Setelah itu mahasiswa dan mahasiswi disambut oleh team  mahasiswa dan mahasiswi dipersilahkan untuk memasuki meeting room yang vibes ruangannya cerah dan terlihat fun dan sepanjang perjalanan ke meeting room, mereka sambil melihat lihat produk - produk yang ada di pabrik tersebut.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC yang menanyakan “produk apa yang kalian tahu berasal dari pabrik ini” setelah itu mereka dipersilahkan untuk menjawab. setelah itu MC memutarkan film “safety induction” yang materinya berisi bagaimana kalau kebakaran, kalau gempa itu bagaimana dan lain sebagainya.

Kegiatan ini pun dilanjutkan dengan kata sambutan serta pemaparan tentang company profile OT(orang tua) group dan video details yang dibawakan oleh Pak Andreas Yutri Manager Regional dan operasional UPA Surabaya  tentang proses pembuatan produk-produk di pabrik tersebut, lalu membahas tentang mesin - mesin blaster pop hard candy dan mintz soft candy yang terakhir dijelaskan bahwa pabrik OT group ini dibedakan menjadi dua yaitu PT. Ultra Prima Abadi dan PT. Cayadewi Sehat Indonesia Abadi. lalu pemaparan dilanjutkan oleh Ibu kepala PT.CSIA yang menjelaskan tentang proses pembuatan kirantea. 

Lalu sekitar pukul 09.40 para mahasiswa dan mahasiswi dibagi menjadi tiga kelompok untuk melihat lihat mesin pabrik serta MC mengingatkan juga bahwa tidak boleh membawa handphone ke dalam pabrik. setelah itu mereka dipersilahkan untuk memakai shoe cover dan hair cover serta masker lalu tiap kelompok dijelaskan bagaimana jalannya beberapa mesin di dalam pabrik tersebut serta dilihatkan list mesin blaster, mesin mintz dan mesin kirantea. lalu dari PT. UPA dilihatkan cara kerja mesin bosch, konveyor lalu pembuatan hard candy serta soft candy

 

Selanjutkan kegiatan dilanjutkan di taman yang menjelaskan tentang cara mendapatkan bahan buat kirantea, jagak, pegal linu dan minuman lainnya lalu juga diberi tahu bahwa minuman kirantea ini bukan hanya buat perempuan saja tetapi lelaki juga boleh lalu diadakan foto bersama orang penting di PT.CSIA tersebut.

Selanjutnya mereka diarahkan masuk ke area produksi kirantea dengan tetap ada batasan garis kuning setelah itu dikasi tester minuman kirantea. lalu sekitar pukul 10.57 mereka diarahkan untuk balik ke meeting room dan diperbolehkan untuk mengambil snack di meja belakang setelah itu juga foto di photobooth OT group dan setiap mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan goodie bag OT group. lalu mereka diberikan izin untuk memberi 4 pertanyaan seputar kunjungan. 

Lalu kegiatan dilanjutkan dengan MC meminta kesan dan pesan dari kami peserta kunjungan dan yang menjadi perwakilan adalah Jeshua Dominick Kobstan selaku ketua HIMATRIS (HIMA industri) dan Nicholas Gabriel Sompotan selaku ketua HIMA ELEKTRO. setelah itu dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada Bu Pram Eliyah Yuliana, S.T., M.T. selaku dosen teknik industri. kegiatan kunjungan pabrik ini pun ditutup dengan foto apresiasi dari OT group memberi plakat kepada ISTTS lalu HIMA industri serta HIMA elektro juga memberikan plakat kepada OT group.

Lalu jam 11.44 mereka turun ke bawah untuk foto bersama lalu disaat menunggu, mereka juga menanyakan cara magang di OT group serta OT group juga cerita sedikit bahwa  baru tahun ini OT group membuka diri buat kunjungan pabrik, internship dan ini factory visit pertama mereka. lalu jam 11:54 para mahasiswa dan mahasiswa balik ke kampus dan menerima nasi serta minum dan acara dinyatakan benar - benar selesai dengan banyak pengalaman yang didapatkan.



Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISTTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISTTS Gelar Acara Open Talk DKV Semester Genap 2024

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menggelar acara bertajuk "Open Talk DKV" untuk semester genap tahun 2024. Acara ini diadakan di Ruang E-402 pada pukul 13.00 dengan dihadiri oleh 33 peserta mahasiswa. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh antusiasme ini menghadirkan Ketua Himpunan Mahasiswa DKV, Richard Jonathan sebagai pembicara, beserta para dosen yang berpengalaman dan keahlian dalam bidang desain komunikasi visual. Mereka adalah Ibu Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A., Bapak Dr. Decky Avrilukito S.Sn., M.M., dan Ibu Amelia Agustina, S.Ds., M.Med.Kom. "Open Talk DKV" merupakan forum diskusi terbuka yang bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa DKV ISTTS serta mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen. Dalam acara ini, para pembicara berbagi pengalaman, pengetahuan, dan pandangan mereka tentang berbagai aspek desain komunikasi visual. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara. Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya konstruktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di bidang desain komunikasi visual serta memperkuat ikatan antara mahasiswa dan dosen.

Baca Selengkapnya
Bagaimana Memulai Bisnis di Kalangan Siswa

Bagaimana Memulai Bisnis di Kalangan Siswa

Memulai bisnis di kalangan siswa adalah tantangan yang menarik dan bermanfaat. Seminar "How to Become An Entrepreneur" di SMK Petra Surabaya pada tanggal 23 April 2024 menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan kewirausahaan dapat menginspirasi para siswa untuk memulai langkah-langkah awal mereka dalam dunia bisnis.

Baca Selengkapnya
Mengambil Momen di Pantai Kenjeran

Mengambil Momen di Pantai Kenjeran

Siapa sih yang tidak tahu fotografi. Bagi penikmatnya, fotografi tidak lain merupakan pembuatan karya seni dimana cara mengambil gambar memanfaatkan alat dokumentasi (kamera). Tentunya perlu lokasi dan timing yang pas serta beragam untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan. Oleh karena itu, salah satu kampus di Surabaya ini menggelar pembelajaran yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Setelah mengadakan kegiatan praktik mata kuliah Fotografi Aplikatif di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada tanggal 28 Maret 2024, jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 23 kembali mengadakan pembelajaran di luar kampus Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). Dengan menggunakan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya, mahasiswa yang berpartisipasi totalnya berjumlah 32 orang ini langsung terjun ke lapangan untuk mengimplementasikan ilmunya. Kali ini lokasi bertempat di salah satu tempat wisata yang cukup populer di telinga kalangan masyarakat Surabaya. Tidak lain nama tempat itu ialah Pantai Kenjeran Lama. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 April 2024 bertepatan dengan waktu penulisan berita ini dibuat.

Baca Selengkapnya
Artificial Intelligence

Artificial Intelligence

Seminar  berjudul Artificial Intelligence  diselenggarakan pada tanggal 16 April 2024 oleh ISTTS yang berkolaborasi dengan SMA Kristen Petra 1 dan pembicaranya adalah Dr. Ir. Joan Santoso, S.Kom., M.Kom. Seminar ini dihadiri oleh kelas XII yang berlokasi di SMA Kristen Petra 1 yang tepatnya ada di ruang medianya. 

Baca Selengkapnya
Bagaimana Keluarga ISTTS Merayakan Idul Fitri?

Bagaimana Keluarga ISTTS Merayakan Idul Fitri?

Bulan Ramadhan telah berlalu, dan bagi keluarga besar Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), momen Idul Fitri menjadi hal yang sangat dinantikan. Tim jurnalis ISTTS telah melakukan survei kepada para mahasiswa untuk menggali pengalaman unik mereka selama bulan suci tersebut. Apakah mereka menikmati bulan Ramadhan dengan banyak keseruan? Bagaimana juga mereka bisa melalui puasa sambil tekun mengikuti kelas-kelas? Mari kita simak respon mereka!

Baca Selengkapnya
Skill Up and Get the Job you want

Skill Up and Get the Job you want

Seminar Skill Up and Get the Job you want diadakan di auditorium ISTTS (Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) pada hari Jumat, 5 April 2024. Seminar ini diadakan oleh HIMAFOR ( Himpunan Mahasiswa Informatika) dengan dua pembicara yaitu Mariani selaku Project Manager dari PT Djarum dan Malvin Patrick Kurniawan selaku Fullstack Engineer PT Djarum. 

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon