IEEE Industrial Electronics Society Day 2024
Berita
07 June 2024

IEEE Industrial Electronics Society Day 2024

IEEE Student Branch ISTTS menyelenggarakan tiga seminar, empat workshop, dan lima showcase dalam rangka menyambut IEEE Industrial Society (IES) Day 2024. Acara IES Day 2024 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 di Auditorium Institut STTS memiliki tema besar yaitu “Intelligent IoT: Leveraging AI for Next Generation Electronic Solutions”. Peserta yang hadir dalam acara IES Day 2024 sangat bervariasi, mulai dari siswa-siswi tingkat SMA, mahasiswa-mahasiswi, hingga khalayak umum dengan usia yang beragam yang memiliki antusias di bidang Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Acara IES Day 2024 diawali dengan kata sambutan yang dibawakan oleh Bapak Dr. Ir. F.X. Ferdinandus, M.T. sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Institut STTS.

Setelah kata sambutan, acara dilanjut dengan seminar yang pertama berjudul Connected Intelligence: Harnessing the Power of AI - based IoT. Seminar pertama dibawakan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Mauridhi Hery Purnomo, M.Eng. sebagai IES Indonesia Chapter Chair. Topik yang dibawakan pada seminar pertama berfokus kepada AI dan IoT, mulai dari jenis-jenisnya, perkembangannya hingga saat ini, serta cara-cara menghadapi tantangan baru yang muncul di era teknologi yang semakin canggih. Seminar pertama ditutup dengan sesi tanya jawab, penyerahan plakat dan foto bersama.

Seminar kedua yang diadakan pada acara IES Day 2024 dibawakan oleh Ibu Dr. Ir. Esther Irawati Setiawan, S.Kom., M.Kom. sebagai Woman Ambassador IEEE IES. Seminar kedua memiliki judul Empowering AIoT: Exploring on Device Machine Learning yang berfokus pada penggabungan teknologi AI dan IoT dengan tujuan membuat IoT device menjadi lebih pintar karena didukung oleh kecerdasan AI. Di akhir seminar, disediakan waktu untuk tanya jawab sebelum memasuki seminar ketiga.

Seminar ketiga dibawakan oleh Ibu Dr. Henning Titi Ciptaningtyas, S.Kom., M.Kom. sebagai Woman in Engineering Ambassador. Judul untuk seminar ketiga yaitu IoT Smart Farming: Increasing Crop Productivity. Pada seminar ini, pembicara menyampaikan tentang proyeknya dalam studi kasus pertumbuhan bawang merah. IoT berperan dalam mengetahui kebutuhan unsur-unsur untuk pertumbuhan tanaman sehingga dapat memprediksi waktu penyiraman dan pemupukan yang tepat. Terdapat juga sesi tanya jawab dan penyerahan plakat di akhir seminar ketiga.

Setelah ketiga seminar selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan lunch break atau ishoma (istirahat, sholat, makan) sebelum memasuki kegiatan workshop. Semua peserta yang hadir dapat menikmati makan siang yang telah disediakan sambil melihat dan mencoba showcase yang tersedia di sebelah kanan auditorium Institut STTS. Lima showcase tersebut antara lain: Smart Mobile Inclusive Learning (SMILE), M5Stack, Voice Smart Door, Photo-In Meter, dan Smart Game Based on Cultural Wisdom for Kidpreneur Learning. Dengan adanya showcase, peserta dapat secara langsung menyaksikan bagaimana penerapan AI dan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

Workshop yang diadakan terdiri dari Journey into Robotics with EV3 di ruangan E-401, Implementing an Arduino-Based Fingerprint di ruangan L-304, Exploring IoT with NodeMCU di ruangan L-204, dan Understand the Idea on Machine to Learn di ruangan L-104. Peserta memasuki ruangan dan mengikuti workshop yang telah dipilihnya pada saat mengisi formulir pendaftaran. Di akhir setiap workshop terdapat kuis yang berkaitan dengan materi. Kemudian dari setiap workshop, dipilih satu pemenang yang dapat mengerjakan kuis dan mendapatkan poin tertinggi. Para pemenang diumumkan saat sesi awarding.

IEEE Industrial Electronics Society Day 2024 di Institut STTS menutup rangkaian acara dengan penutup dari MC yang telah menemani peserta selama acara berlangsung. Hari yang penuh dengan pengetahuan dan inovasi ini telah mengukir harapan baru dalam dunia teknologi, khususnya di bidang AI dan IoT. Kegiatan hari ini telah memberikan wawasan baru bagi banyak orang tentang potensi besar yang dimiliki oleh AI dan IoT dalam membentuk masa depan yang lebih cerdas dan efisien. Harapannya, apa yang dipelajari dan dibagikan hari ini akan menjadi benih untuk solusi inovatif di masa depan

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Apple Academy : Info dan kuliah umum session apple developer academy

Apple Academy : Info dan kuliah umum session apple developer academy

Surabaya, 17 Meil 2024 - Para mahasiswa berkumpul di E-502 untuk mengetahui Info dan kuliah umum session apple developer academy. Dengan antusiasme yang tinggi, 48 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya augmented reality. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, menawarkan perspektif baru yang dinamis dan praktis tentang kapan augmented reality dibutuhkan untuk sekarang yang serba berbasis teknologi

Baca Selengkapnya
Berwirausaha dengan Gembira: Flavor Fest ISTTS Hadirkan Kemeriahan dan Kreativitas Mahasiswa

Berwirausaha dengan Gembira: Flavor Fest ISTTS Hadirkan Kemeriahan dan Kreativitas Mahasiswa

Jurusan Desain Komunikasi Visual ISTTS kembali memeriahkan kampus dengan acara Flavor yang diselenggarakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2024. Acara ini merupakan kolaborasi antara jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Teknik Elektro. Setiap tahunnya, acara ini menjadi ajang unjuk kreativitas dan keterampilan para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan pada semester 6. Melalui acara ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dalam bentuk nyata, yakni bazar yang menjadi salah satu syarat kelulusan mata kuliah tersebut.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon