REFASH 2023 : Fashion Show & Exhibition DKV
Berita
08 January 2024

REFASH 2023 : Fashion Show & Exhibition DKV

Di akhir semester ganjil, ada pameran karya anak-anak DKV yang bernama “Refash”. Pameran dua hari ini menghadirkan fashion show yang kreatif, bazaar UMKM yang menggiurkan, display poster-poster event yang asik, serta display produk marketing yang unik. Pameran karya ini diadakan selama dua hari, yaitu pada Senin dan Selasa, 11 dan 12 Desember 2023, di Auditorium Kampus ISTTS serta tenda-tenda seberang auditorium. Ada dua hari di acara Refash. Hari pertama adalah hari fashion show dan hari kedua diisi dengan pengumuman pemenang.

Pada pukul 10:30 tanggal 11 Desember 2023. Semua audiens diminta untuk menunggu di depan pintu audit. Aurelius, MC Refash, mengarahkan perhatian audiens kepada Bu Boni, Kaprodi DKV. Lalu, sambil mengetuk permen lolipop raksasa tiga kali, Bu Boni secara simbolis membuka acaranya! Semua audiens dan peserta pun bergegas memasuki pintu auditorium.

Pameran REFASH tahun ini berjudul “Transformable Fashion”. Karena itu, tiap tim menghasilkan outfit yang bisa bertransformasi dari satu look ke look lainnya. Fashion show Recycle Fashion (REFASH) ini menampilkan karya-karya mahasiswa DKV reguler dan profesional (kelas malam) semester satu.

Ada tiga dosen DKV yang menjadi juri Refash tahun ini. Pertama, Bu Boni (Bonifacia Bulan Aruming Tyas, S.Ds, M.A.). Kedua, Pak Yulius (Yulius Widi Nugroho, S.Sn., M.Si.). Ketiga, Bu Amel (Amelia Agustina, S.Ds.. M.Med.Kom.). Merekalah yang menentukan siapa juara 1 dan juara 2 Refash tahun ini. Tidak hanya itu, mereka jugalah yang memberi komentar constructive criticism di akhir presentasi tiap tim.

Secara total, ada tujuh tim dari DKV reguler dan DKV kelas malam. Tim DKV reguler harus membuat dua busana, sedangkan Tim DKV kelas malam harus membuat satu. Disertai background video di videotron, para model mendemonstrasikan transformasi busana mereka. Ada enam tim yang tampil di panggung fashion show kali ini.

Dari kiri ke kanan ada tim Six Mafioso, tim Sserafim, tim Mariposa, tim Circue de Mode, tim Forever Neverland, dan tim el Dorado. Di giliran pertama, tim el Dorado membawakan kemewahan berkelas dan vintage ala Eropa dan Perancis yang dikenal sebagai Haute Couture. Pada busana yang maskulin, celana panjangnya bisa berubah menjadi jaket. Pada busana yang feminim, mini dress beraksesoris emasnya bisa berubah menjadi evening gown.

Di giliran kedua, tim Forever Neverland  membawakan dua busana princess kerajaan permen. Kedua baju princess yang awalnya bersiluet seperti pencil dress, bisa berubah menjadi gaun panjang. Tidak hanya itu, tim ini juga membuat properti pendukung untuk dua orang kesatria.

Di giliran ketiga, ada tim Sserafim. Mereka membawakan tema gothic horror dengan dua busana milik karakter The White Maiden dan The Black Maiden. The Black Maiden yang elegan memakai “ominous cloak” hitam yang bisa berubah dari tudung misterius menjadi rok. The White Maiden memiliki jubah putih yang bisa berubah look menjadi jubah hitam dengan aksen dekoratif gothic.

Di giliran keempat, ada tim Mariposa dengan tema butterflies. Busana mereka mengangkat simbolisme friendship dengan sepasang sayap kupu-kupu yang vibrant. Busana sayap kanan kupu-kupunya memiliki rok puffy yang bisa dipanjangkan menjadi train panjang berhiaskan ornamen. Busana sayap kiri bisa bertransformasi dari rok sepanjang lutut menjadi rok panjang.

Di giliran kelima, ada tim Six Mafioso yang membawakan tema mafia. Mereka membuat busana untuk Mafia Boss dan Mata-Matanya. Mafia Boss punya jaket yang bisa berubah menjadi trench coat. Mata-matanya memiliki “peaky blinders”, sebuah topi yang memiliki face coverer dari ski mask.

Di giliran terakhir, ada tim Circue de Mode dengan tema circus. Karena itu, ada karakter Ringmaster dan Jester. Ringmaster memiliki cape yang bisa berubah model dari look all-red menjadi outer stylish se-betis. Jester memakai dress ber-style lolita dengan cape yang bisa diperpanjang.

Sebenarnya, ada tim ketujuh dari DKV kelas malam. Mereka adalah tim Davintage. Mereka menghadirkan outfit dan aksesoris bernuansa pedesaan yang bisa berubah dari jubah tertutup menjadi dress terusan. Ada pula topi  yang bisa berubah menjadi tas. Davintage tidak ikut di fashion show. Namun, booth mereka juga bisa dikunjungi.

Pada jam 11:52, fashion show hari pertama pun selesai. Para mahasiswa DKV semester 1 kembali ke booth masing-masing. Ternyata, ada sesi voting untuk menentukan juara favorit 1 dan juara favorit 2. Tiap booth sangat mendukung presentasi busana yang bisa di-vote.

Hal paling mengejutkan dari tiap tim Refash adalah bahan baku busana mereka. Ada yang memakai sprei bekas, potongan CD, dan bahkan baju SD lama. Selain itu, kreativitas mahasiswa dalam membuat aksesoris sangatlah memanjakan mata. Karet eva tampaknya menjadi pilihan bahan yang cukup populer.

Sembari menunggu hari pengumuman, berlangsunglah exhibition dan bazaar UMKM. Setiap bagian tersebut memiliki nama resmi yaitu Refash (Recycle Fashion), Bazaar UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), IMC (Integrated Marketing Communication), dan IDN (Inovasi Desain Nusantara).

Bazaar UMKM adalah porsi mahasiswa DKV semester tiga. Di stand-stand mereka, kita bisa membeli produk-produk UMKM yang sudah di-rebranding oleh para mahasiswa. Stand-stand bazaar UMKM ada di area dekat pintu utama dan luar auditorium. Ada yang menjual merchandise, tapi lebih banyak yang menjual makanan.

Di area belakang kursi, ada meja-meja pameran Integrated Marketing Communication (IMC). IMC adalah porsi mahasiswa DKV semester lima. Tiap mahasiswa membuat poster event untuk brand yang sudah ada. Para mahasiswa semester 5 juga membuat iklan di media cetak. Beragam properti pendukung digunakan oleh mahasiswa.

Terakhir, ada pameran Inovasi Desain Nusantara (IDN). IDN adalah porsi mahasiswa semester tujuh. Setiap kelompok membuat periklanan produk bertema Nusantara. Ada kelompok yang memanfaatkan Augmented Reality dengan Adobe Aero di IOS. Ada kelompok yang memanfaatkan teknologi lenticular printing (gambar yang bisa berubah ketika dilihat dari angle berbeda) untuk membawakan Pura Lempuyang Bali. Ada pula yang menggunakan desain gelas kopi terbalik sebagai batu lompat Nias. Tak kalah menarik, ada kelompok yang mendesain V-Tuber dengan Live2D dan Vtube Studio. Di tiap karya IDN, ada buku Proses Kreatif dan Buku Konsep yang menjabarkan hasil karya tiap kelompok.

Karena sudah sore, REFASH pun dilanjutkan keesokan harinya, 12 Desember. Pada jam 14:00, ada pengumuman pemenang REFASH. Kelompok favorit ditentukan dari hasil voting para audiens. Favorit voting kedua dimenangkan oleh kelompok Sserafim dengan busana Gothic Horrornya. Mereka memenangkan hadiah Rp200.000. Kemudian, juara favorit voting pertama dimenangkan oleh kelompok Mariposa dengan busana Butterfly. Mereka memenangkan hadiah sebesar Rp250.000. Para audiens sudah menentukan pemenang mereka, kini giliran para juri.

Juara kedua adalah kelompok Forever Neverland dengan busana princess candyland. Mereka memenangkan hadiah sebesar Rp350.000. Terakhir, juara pertamanya adalah tim Cirque de Mode dengan busana circus. Mereka mendapatkan hadiah sebesar Rp400.000.

Ternyata, Refash akan ditampilkan lagi di acara Daykave 5.0 pada 6 Januari 2024, di mall Ciputra World Surabaya! Nantikan ya! Hasil kerja keras tiap kelompok dalam mencari konsep, melakukan brainstorming, mencari bahan bekas, mendesain presentasi, membuat busana, menghias booth, melakukan fashion show, dan mempromosikan kelompok akhirnya membuahkan hasil.

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Saturday Sharing Session - Workshop Direct Pen Drawing (Steampunk Style) di Institut STTS

Pada tanggal 4 Mei 2024, Saturday Sharing Session Institut STTS menggelar workshop menarik yang membahas teknik menggambar langsung menggunakan pen tanpa penghapus, dengan tema "Healing through Direct Pen Drawing (Steampunk Style)". Acara ini dibawakan oleh Farah Fauziah, S.Hub.Int., M.A., Dosen program Studi S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sains Institut STTS. Peserta workshop diajarkan tentang pentingnya arsiran shading yang teliti dan perlahan untuk menciptakan gambar yang realistik dan jelas.

Baca Selengkapnya
EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

EXPLORING CYBER VULNERABILITIES: "DIVE INTO GOOGLE DORKING & SQL INJECTION"

Saturday Sharing Session (3S) Institut STTS kembali menghadirkan topik yang sangat relevan dengan keamanan siber di era digital saat ini. Pada Sabtu, 20 April 2024 diselenggarakan workshop dengan judul "Exploring Cyber Vulnerabilities: Dive into Google Dorking & SQL Injection" Oleh Jonathan Wilbert mahasiswa program S1 Informatika Fakultas Sains dan Tekologi Institut STTS.

Baca Selengkapnya
Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Saturday Sharing Session 2 - Bagaimana Cara Memanipulasi Statistik

Dalam sesi ke 2 Saturday Sharing Session Institut STTS yang telah diselenggarakan, topik yang dibahas sangat menarik, yaitu "How to lie with statistics". Sesi ini dipandu oleh Ibu Sri Rahayu, seorang dosen program Teknik Industri di Institut STTS. Ibu Sri Rahayu menjelaskan bagaimana statistik bisa digunakan untuk memberikan representasi data, bahkan kadang-kadang mengungkap fakta-fakta yang tidak terlihat dari data itu sendiri. Salah satu poin penting yang dibahas adalah bagaimana manipulasi waktu dan skala grafik dapat mengubah interpretasi statistik; informasi yang disajikan dalam grafik dengan skala yang berbeda bisa memberikan makna yang berbeda.

Baca Selengkapnya
MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

MULTIPLE APP WITH AI: Workshop Perdana Saturday Sharing Session Institut iSTTS

Saturday Sharing Session (3S) merupakan program Institut STTS yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui seminar dan workshop. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa Institut STTS dengan memberikan pemahaman dan wawasan baru yang aplikatif tentang teknologi dan desain terkini.

Baca Selengkapnya
Cyber Security:policy and its best practice

Cyber Security:policy and its best practice

Surabaya, 30 Mei 2024 - Para mahasiswa berkumpul di auditorium untuk mengetahui Info cyber security: policy and its best practice. Dengan antusiasme yang tinggi, 100 mahasiswa serta mahasiswi hadir untuk menjelajahi pentingnya cyber security. Seminar ini diselenggarakan dari pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, menjelaskan kebijakan keamanan siber yang solid dan menerapkan praktik terbaik yang telah terbukti efektif.

Baca Selengkapnya
Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Berita Acara PKK dan UMKM: Menggali Potensi Wirausaha dengan Semangat dan Inovasi

Surabaya, 22 Mei 2024 - Pagi yang cerah menjadi saksi keberangkatan dosen dan mahasiswa dari Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) pada pukul 09.00 WIB. Lima dosen, didampingi oleh dua mahasiswa dari jurusan Industri dan Elektro, menuju lokasi acara dengan semangat membara, siap untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon