Metode Iklan Kekinian, “Baper Advertising”
Berita
18 June 2020

Metode Iklan Kekinian, “Baper Advertising”

Pada hari Senin, 15 Juni 2020, Dr. Decky Avrilukito, S.Sn., MM atau yang biasa dikenal sebagai “Pak Dee”, membawakan KSP yang berjudul “Baper Advertising”. Apa sih “Baper Advertising” itu? Secara garis besar, baper advertising ialah iklan dari suatu produk, yang dapat menyentuh hati para penontonnya. Biasanya, baper advertising ini diunggah dalam bentuk short movie. Namun cara pengiklanan dengan membuat baper ini masih belum diterapkan di dunia periklanan di Indonesia.

Sebelum mulainya acara seminar, Pak Dee menunjukkan sebuah video dari penyanyi Alm. Didi Kempot yang sering disebut sebagai “The Godfather of Broken Heart”. Disitu beliau menunjukkan bahwa inilah salah satu contoh iklan baper advertising yang sudah ada di Indonesia. Tak hanya itu, untuk membuat para partisipan agar “baper”, beliau juga memutarkan lagu bertemakan patah hati sebelum dimulainya seminar. Disamping itu, beliau juga memamerkan hasil karya mahasiswa DKV ISTTS, mulai dari mahasiswa yang baru, hingga yang sudah lulus. Beliau juga memberi potongan film hasil karya mahasiswa yang dilombakan di Jakarta, dan berhasil meraih juara 1.

Selama seminar, beliau juga menunjukkan perbandingan antara iklan di Indonesia, dan iklan pembuatan negara Thailand. Beliau menunjukkan bagaimana iklan asuransi di Indonesia, dan iklan asuransi di Thailand. Di kesempatan ini beliau membuktikkan, bahwa baper advertising ini sangat penting untuk mulai diterapkan di Indonesia, karena di satu sisi iklan tersebut menarik dan tidak membosankan, tetapi juga dapat menyentuh perasaan para penonton. Kemudian beliau juga menampilkan salah satu brand internasional yang sudah akrab kita kenal dengan produk susu dan serealnya. Dan sebagian orang menyetujui bahwa iklan dengan metode baper advertising ini sangat ampuh untuk menarik perhatian para penonton.

Pak Dee juga mengajarkan para partisipan yang mengikuti seminar tersebut. Caranya bagaimana? Mulai dari membuat Idea Mapping, memilih ide yang anti-mainstream, dan lain lain. Namun perlu ditekankan bahwa baper bukanlah hanya membuat orang menjadi jatuh hati. Jika penonton marah atau tertawa karena iklan yang kita buat, berarti kita sudah membuat para penonton kita menjadi “baper”. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalamannya selama bekerja di perusahaan rokok besar di Indonesia ini. Banyak tantangan yang telah beliau hadapi selama bekerja di bawah perusahaan rokok besar.

Pada akhir seminar, beliau juga menekankan sekali lagi. Kunci untuk membuat baper para penonton adalah, “Jadilah berbeda”. Jadi, kesimpulannya adalah “think out of the box, start from now”. Tak hanya menjadikan kita untuk berpikir dari berbagai sisi, tetapi juga menjadikan kita lebih kreatif dan anti-mainstream!

 

Saturday Sharing Sessions Easy Management Science Dengan Solver Add-In Microsoft Excel (#Part 1: Linear Programming) with ChatGPT

Saturday Sharing Sessions Easy Management Science Dengan Solver Add-In Microsoft Excel (#Part 1: Linear Programming) with ChatGPT

Pada sesi pertama Saturday Sharing Sessions (SSS) yang berlangsung pada Sabtu, 12 Oktober 2024, peserta diajak untuk mempelajari penggunaan Solver Add-In di Microsoft Excel sebagai bagian dari seri "Easy Management Science". Acara ini dimulai pukul 09.00 dan berlangsung hingga selesai di Ruang N-201, iSTTS. Pembicara yang memimpin sesi ini adalah Dr. Ir. Gunawan, M.Kom., dosen dari program Sistem Informasi Bisnis dan Informatika yang memiliki keahlian dalam penerapan teknologi informasi dalam manajemen.

Baca Selengkapnya
Peluang Emas Bekerja di Jepang Bersama Marimo Global Technology

Peluang Emas Bekerja di Jepang Bersama Marimo Global Technology

Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAFOR) Institut Sains Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) baru saja menyelenggarakan seminar bertajuk Open Recruitment for Work in Japan with Marimo Global Technology yang berlangsung pada hari Rabu, 2 Oktober 2024. Tak hanya menginspirasi, seminar yang menghadirkan tiga pembicara dari Jepang tersebut juga membuka pintu kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih karir global khususnya di Jepang. Acara dimulai tepat pada pukul 10.30 WIB di Auditorium ISTTS dengan sesi registrasi yang berlangsung lancar dan tertib. Antusiasme peserta begitu terasa di auditorium yang penuh oleh mahasiswa-mahasiswi dari jurusan Informatika dan Sistem Informasi Bisnis yang bersemangat menggali peluang di dunia teknologi global. 

Baca Selengkapnya
ISTTS melakukan pelatihan dan workshop “Building the leaders of tomorrow”

ISTTS melakukan pelatihan dan workshop “Building the leaders of tomorrow”

Surabaya, 28 September 2024 – Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan workshop yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi baru dari angkatan 2024, serta beberapa perwakilan dari angkatan sebelumnya. Kegiatan ini mencakup tiga topik utama yang sangat relevan bagi para peserta, yaitu Public Relations, Media Digital, dan Event Organizer.

Baca Selengkapnya
Indonesia Gen-AI Tour 2024

Indonesia Gen-AI Tour 2024

Dalam Era digital yang terus berkembang, kecerdasan Artificial Intelligence (AI) memainkan peranan penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Maka dari itu, Institut STTS (Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya) pada tanggal 14 September 2024 berkolaborasi dengan komunitas AWS (Amazon Web Services) dalam acaranya “Indonesia Gen-AI Tour 2024”, menghadirkan pandangan mendalam tentang penggunaan AI, terutama pada Generative AI dan Large Language Model (LLM), yang akan berpengaruh besar pada dunia industri di masa depan.

Baca Selengkapnya
Ospek Fakultas 2024: Dua Hari Menuju Awal Perjalanan Baru!

Ospek Fakultas 2024: Dua Hari Menuju Awal Perjalanan Baru!

Berhubungan dengan dimulainya semester ganjil yang baru, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) mengadakan Ospek Fakultas (Osfak) bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang penuh makna dan membantu para mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus. Berbagai aktivitas menarik dan penuh tantangan telah dipersiapkan oleh panitia, menjanjikan tak hanya keseruan, tetapi juga pembelajaran yang akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan penting dalam kehidupan akademis di ISTTS.

Baca Selengkapnya
Freshman Summit 2024: Merajut Kebersamaan dan Kreativitas dalam Empat Hari yang Tak Terlupakan

Freshman Summit 2024: Merajut Kebersamaan dan Kreativitas dalam Empat Hari yang Tak Terlupakan

Berhubungan dengan dimulainya semester ganjil yang baru, Institut Sains Teknologi Terpadu Surabaya (iSTTS) kembali mengadakan Freshman Summit (FS) bagi mahasiswa baru iSTTS. Beragam aktivitas menarik dan penuh tantangan telah dipersiapkan, yang menjanjikan tak hanya keseruan, tetapi juga pengalaman berharga yang akan membekali mereka dengan pengetahuan kehidupan akademis di kampus ini. Sebelum itu, tim jurnalis telah mewawancarai beberapa mahasiswa baru saat Pra-FS untuk mendapatkan pendapat mereka tentang kampus iSTTS serta harapan mereka terhadap Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) tahun ini. Mari kita simak!

Baca Selengkapnya
Lihat Semua Berita
Icon